image1 image2 image3

HELLO I'M IDUAR PERDANA|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|

Pemograman



a. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman secara sederhana dapat diartikan sebagai bahasa yang digunakan untuk membuat atau membangun suatu program, contoh dari bahasa pemrograman adalah bahasa C, C++, pascal, python dll . Hal yang perlu diperhatikan dalam bahasa pemrograman adalah sebagai berikut :

1. Algoritma
Suatu prosedur yang terurut/ terstruktur untuk menyeslesaikan suatu masalah.
2. Syntax
3. Interpreter dan Pustaka
4. IDE + OS
IDE berupa Compailer dan Sistem operasi (Windows, Os X, Linux)

b. Model Pemrograman

Model pemrograman ini dapat diartikan bagaimana cara kita membuat suatu programan. Dalam pemrograman dikenal dua model pemrograman yakni sebagai berikut

1. Struktural yang terdiri atas fungsi dan prosedur. Contoh bahasa pemrogramannya adalah bahasa C, pascal

2. Object oriented yang terdiri atas object dan class. Contoh bahasa pemrogramannya adalah Java, python

c. Peran

Peran pemrograman sebernya disemua bidang kehidupan, adapun beberapa perang tersebut adalah sebagai berikut

1. Jaringan komputer
Dalam bidang jaringan komputer peran pemrograman adalah sebagai seperangkat socket programming yang bisa menghubungkan untuk komunikasi antar orang satu dengan lainnya .

2. Database
Peran pemrograman dalam basis data adalah untuk menghubungkan satu basis data dengan basis data lainnya, serta juga berperan dalam pengolahan basis data.

3. Internet of Things
Pemrograman bisa digunakan untuk membuat suatu perangkat yang bisa digunakan untuk memonitoring suatu benda dari kejauhan, misalnya memonitoring peralatan yang ada di rumah dari jauh. Hal tersebut merupakan contoh dari pemanfaatan internet of things .

4. Cloud Computing
dalam Cloud Computing pemograman berperan dalam pembuatan media penyimpanan secara online yang bisa diakses kapan saja dengan bantuan jaringan internet.

5. Intelligent Transportation System (ITS).
ITS merupakan suatu metode perangkat transportasi cerdas yang tentunya bisa memudahkan penggunanya contoh mobil pintar yang dikembangkan oleh raksasa Google serta ada sepeda cerdas yang dikembangkan oleh Xiaomi.

6. Parallel computing.
Peran pemograman dalam Parallel computing adalah menjadadi pengghubung dalam pembuatan suatu server dengan memanfaatkan banyak komputer yang terkoneksi menjadi satu kesatuan yang utuh.

7. Bio Informatika dan E-Health.
Bio infotmatika dan E-health merupakan suatu metode pengecekan kesehatan menggunakan Teknologi berupa aplikasi yang dibuat oleh seorang programmer dan kolaborasi dengan tenaga kesehatan dalam pengembangan , maka dengan itu tingkat kebenaran dan keakuratan aplikasi yang dibuat bisa dibuktikan.

d. Tips Pemrograman

Dalam membuat suatu program ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar bisa cepat menguasai dalam bidang pemrogram, adapun tips tersebut adalah

1. Pahami algoritma
2. Kuasai sintaks
3. Pahami model pemrograman
4. Berlatih
5. Studi kasus sehari-hari
6. Aktif dalam pengembangan (project, open source, github)

e. Security

Security dalam pemrograman selain berarti kemanan, juga bisa diartikan segala kemungkinan yang bisa membuat program yang telah dibuat tidak berjalan sesuai keinginan dari programmernya, adapun security tersebut adalah

1. Kesalahan algoritma
2. Buffer overflow

f. Tingkat pemrograman

Tingkat dari pemrograman terbagi menjadi dua yakni

1. Tinggi
Bahasa pemrograman tingkat tinggi merupakan bahasa pemrograman yang mudah untuk dipahami oleh manusia karena bahasa yang digunakan sama dengan bahasa yang digunakan manusia sehari-hari, contoh bahasa di tingkatan ini adalah C, pascal, java

2. Rendah
Bahasa pemrograman tingkat rendah merupakan bahasa pemrograman yang sulit untuk dipahami oleh orang yang belum pernah mempelajari jtingkatan Bashasa ini , sebab merupakan bahasa mesin, contoh bahasa di tingkatan ini adalah bahasa assembly.

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar