image1 image2 image3

HELLO I'M IDUAR PERDANA|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|

Mengenal Linux "Ubuntu"


Kali ini saya akan mereview dual boot windows dan linux (ubuntu) dan beberapa aplikasi yang ada pada linux, dari katagori aplikasi perkantoran, Multimedia, Web/internet, Desain Grafis, Pemograman, dan Pendidikan.
Saya mulai dari awal menghidupkan pc , kita akan disuguhkan tampilan dari grub, dimana kita di beri beberapa pilihan diantaranya
1. ubuntu (masuk ke dalam OS linux ubuntu)
2. advanced options for Ubuntu
3. windows boot manager (masuk ke dalam Os Windows)
4. System setup

untuk memilih Os yang ingin dijalankan kita pilih dengan cara memilih pilihan dengan tombol navigasi/arah di keyboard kemudian tekan enter.
Catatan : jika kalian ingin masuk os windows ingat jangan diamkan pilihan di no pertama terlalu lama karena jika didiamkan di no pertama terlalu lama maka akan otomatis masuk untuk menjalankan Os Linux (ubuntu).
Aplikasi Perkantoran
Untuk review aplikasi Saya mulai dengan aplikasi kategori perkantoran yaitu Libre office, dimana aplikasi ini sama seperti  aplikasi besutan microsoft yaitu microsoft office yang dapat dijalankan pada windows. Libre office di linux sudah terinstal secara otomatis di linux, jadi kita tidak perlu mengisntalnya. Libre office terbagi menjadi banyak kategori yaitu Libre office Writer, Libre office Impress, Libre office calc , libre office math, libre office draw. 
Setiap kategori memiliki fungsi yang berbeda.  

Aplikasi writer untuk Tugas pengetikan dokumen.
Aplikasi calc untuk tugas pengetikan berupa data menggunakan tabel.
Aplikasi impress untuk membuat presentasi.
Aplikasi draw untuk pembuatan gambar.
Aplikasi math untuk pembuatan dokumen berupa perhitungan matematika.



Contoh tampilan Libre office (impress)


 Aplikasi Media

Setelah membahas aplikasi perkantoran selanjutnya saya akan membahas tentang aplikasi kategori media (audio/video), aplikasi media yang biasanya terinstal di linux yaitu apliaksi rhythmbox music player dan Aplikasi Videos. Aplikasi rhythmbox music player adalah aplikasi yang digunakan untuk memutar musik format Mp3 atau format audio lainnya. 
Apliksi Videos adalah aplikasi yang digunakan untuk memutar video format Mp4, Mkv atau format video lainnya.

Tampilan aplikasi Videos
tampilan Aplikasi Rhythmbox music player
Aplikasi Web/Internet
sudah membahas dua kategori , saya lajutkan ke kategori ke tiga yaitu aplikasi kategori web/internet .aplikasi yang akan saya bahas yaitu browser firefox dan google chrome. Kedua browser tersebut untuk segi tampilan di linux dan di os lainya (windows,  osx) memiliki tampilan yang identik.kedua browser digunkan untuk melakukan aktifitas di dunia internet seperti browsing dan streaming.

Tampilan Apliksi Firefox


Tampilan Aplikasi Google Chrome

Aplikasi Desain Grafis

Kategori selanjutny kategori Aplikasi Desain grafis, aplikasi yang akan saya bahas yaitu aplikasi ink scape vector grapich Editor, dimana aplikasi ini adalah aplikasi yang digunankan untuk pengolahan gambar vektor seperti aplikasi corel draw di windows.

cara download dengan cara menggunkan Terminal :

ketikan  : 
$ sudo add-apt-repository ppa:inkscape.dev/stable 
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install inkscape 

Tampilan Inkscape
 
Aplikasi Pemograman
 
di kategori ini saya akan membahas aplikasi code block dan sublime text. 

Code blocks adalah sebuah pilihan yang bagus untuk pemograman menggunakan bahasa pemogrman C++ .aplikasi ini open-source, mendukung multipel kompiler, seperti: GCC (MingW/GNU GCC), MSVC, Digital Mars, Borland C plus plus 5.5, dan Open Watcom.


cara download dengan cara menggunkan Terminal :

ketikan  : 
$ sudo add-apt-repository ppa:damien-moore/codeblocks-stable
$ sudo apt-get update
$ sudo apt install codeblocks
 

Sublime Text adalah sebuah teks editor yang sangat canggih untuk coding, markup dan lain-lain. Anda akan menyukai antarmuka pengguna yang sangat sederhana fitur yang luar biasa serta kinerja yang tidak kalah luar biasa. Aplikasi ini mendukung bahasa pemograman C , C++, Phyton, HTML, CSS, Java dan bahasa pemograman lainya.

cara download dengan cara menggunkan Terminal :

ketikan  :  


$ sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/sublime-text-3
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install sublime-text-installer
 
 Aplikasi Pendidikan 
TuxMath merupakan permainan edukasi anak untuk belajar matematika. Permainan ini dirancang menarik, efektif dan menyenangkan.di dalam aplikasi ini kita diajak untuk menghitung sambil bermain .

 Aplikasi Jaringan Komputer

Ping (sering disebut sebagai singkatan dari Packet Internet Gopher) adalah sebuah program utilitas yang dapat digunakan untuk memeriksa Induktivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya. Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya.

untuk menggunakan Ping 
Buka terminal dengan cara tekan Ctrl + Alt + T
kemudian ketik 
ping www.google.com (ketik dibagian yang digaris bawah sesaui dengan alamat yang ingin di cek)
Wireshark merupakan Network Protocol Analyzer, juga termasuk salah satu network analysis tool atau packet sniffer.aplikasi ini mempunyai sekian banyak fitur termasuk juga display filter language berbagai macam & kelebihan apliaksi ini dapat me-reka ulang suatu aliran pada sesi TCP. Paket sniffer sendiri diartikan satu buah tool yg berkemampuan menahan & melaksanakan pencatatan pada traffic data dalam jaringan.

cara download dengan cara menggunkan Terminal :

ketikan  : 
$ sudo add-apt-repository ppa:wireshark-dev/stable 
$ sudo apt-get update && apt-get upgrade -y
$ sudo apt-get install wireshark

untuk menjalankan aplikasi ini kita perlu masuk melalui mode Super User . caranya :
Buka terminal dengan cara tekan Ctrl + Alt + T 
Ketikan :
$ Sudo Su 
masukan Password
kemudian ketik :
wireshark

atau donwload melaui link 

https://www.wireshark.org/ 





Etherape adalah tools untuk memonitor jaringan dengan tampilan grafis. Tools ini dilengkapi dengan kemampuan menghasilkan grafik dari lapisan jaringan, mode IP dan TCP, serta menampilkan kegiatan network (jaringan) secara grafis. Kita dapat memfilter traffic apa saja yang mau ditampilkan secara grafis.

untuk menjalankan aplikasi ini kita perlu masuk melalui mode Super User . caranya :
Buka terminal dengan cara tekan Ctrl + Alt + T 
Ketikan :
$ Sudo Su 
masukan Password
kemudian ketik :
etherape





Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar